Sabtu, 28 Januari 2012

PRINSIP-PRINSIP DALAM MANAJEMEN KELAS


1.      Prinsip dasar manajemen kelas
Pengelolaan kelas mengandung pengertian yaitu, proses pengelolaan kelas untuk menciptakan suasana dan kondisi kelas yang memungkinkan siswa dapat belajar secara efektif (Rachman, 1999:11). Pengelolaan kelas juga dapat diartikan sebagai segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sesuai dengan kemanpuan (Ahmad, 1996:)[1]
Sedangkan prinsip dasar pengelolaan kelas adalah pegangan atau acuan yang dimiliki pokok dasar berfikir atau bertindak bagi seorang pendidik dalam usaha menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondisinya bila terjadi gangguan dalam proses pembelajaran.

2.      Macam-macam prinsip dalam manajemen kelas
Djamarah (2006:185) menyebutkan, “dalam rangka memperkecil masalah gangguan dalam pengelolaan kelas dapat digunakan prinsip-prinsip pengelolaan kelas”.
Prinsip-prinsip pengelolaan kelas yang dikemukakan oleh Djamarah adalah sebagai berikut:
a.         Hangat dan antusias
Hangat dan antusias merupakan salah satu peinsip yang diperlukan dalam proses belajar dan mengajar. Guru yang hangat dan akrab pada anak didik selalu menunjukkan antusias pada tugasnya atau pada aktifitasnya akan berhasil dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas.

 b.        Tantangan
Penggunaan kata-kata, tindakan, cara kerja, atau bahan-bahan yang menantang akan meningkatkan gairah siswa untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinan munculnya tingkah laku yang menyimpang.
c.         Bervariasi
Penggunaan alat atau media, gaya mengajar guru, pola interaksi antara guru dan anak didik akan mengurangi munculnya gangguan, meningkatkan perhatian siswa. Kevariasian ini merupakan kunci untuk tercapainya pengelolaan kelas yang efektif dan menghindari kejenuhan.
d.        Keluwesan
Keluwesan tingkah laku guru untuk mengubah strategi mengajarnya dapat mecegah kemungkinan munculnya gangguan siswa serta menciptakan iklim belajar mengajar yang efektif. Keluwesan pengajaran dapat mencegah munculnya gangguan seperti keributan siswa, tidak ada perhatian, tidak mengerjakan tugas dan sebagainya. 
e.         Penekanan pada hal-hal yang positif
Pada dasarnya dalam mengajar dan mendidik guru harus menekankan pada hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian pada hal-hal yang negatif. Penekanan pada hal-hal yang positif yaitu penekanan yang dilakukan guru terhadap tingkah laku siswa yangpositif dari pada mengomeli tingkah laku yang negatif,. Penekanan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian penguatan yang positif dan kesadaran guru untuk menghindari kesalahan yang dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar. 
f.         Penanaman disiplin diri
Tujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkan disiplin diri sendiri dan guru hendaknya menjadi teladan mengendalaikan diri dan pelaksanaan tanggung jawab. Jadi, guru harus disiplin dalam segala hal bila ingin ana didiknya ikut berdisiplin dalam segala hal.[2] 

3.      Strategi untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen kelas dalam pembelajaran.
Strategi pengelolaan kelas adalah pola atau siasat yang menggambarkan langkah-langkah yang digunakan guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif, sehingga siswa dapat belajar optimal, aktif, dan menyenagkan dengan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Hal-hal yang berkaitan dengan strategi untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip pengelolaan kelas dalam pembelajaran ialah sebagai berikut:
a.       Guru memberikan teladan yang baik.
b.      Memberika tugas-tugas kepada siswa agar mereka merasa tertantang dan termotivasi untuk belajar.
c.       Menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi
d.      Melakukan berbagai percobaan.
e.       Berusaha memusatkan perhatian pada tugas-tugas tertentu yang berhubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran.
f.       Memberikan motivasi serta semangat agar siswa tetap aktif dan berminat dalam belajar.
g.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. [3]

4.      Analisis Penulis
Terkait dengan pembahasan diatas bagaimana kita bisa pahami prinsip-prinsip dalam manajemen kelas tersebut, bagaimana seorang guru memiliki acuan atau pegangan dalam mengelola kelas secara kondusif dan efesien agar tercapai hasil yang diinginkan.
Berbagai strategi dapat dilaksanakan seperti pembahsan diatas, tergantung oleh guru dalam pengembangannya serta mengimplementasikannya didalam kelas kepada murid sehingga menciptakan suasana yang diinginkan serta tercapailah hal-hal yang diperlukan. Sehingga pada intinya bagi seorang guru yang ingin mengelola kelasnya harus memiliki prinsip-prinsip dasar dalam mengelola atau manajemen kelas


DAFTAR PUSTAKA
Daus Santri, Pengelolaan Kelas, (Online), tersedia di:  http://santridaruz.blogspot.com/2008/05/pengelolaan-kelas.html (21 November 2011).

Djamarah Syaiful Bahri,  Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta:PT, Rineka Cipta. 2005.

Kasim Meliana, Makalah Manajemen, (Online) tersedia di: http://meilanikasim.wordpress.com/2010/04/12/makalah-manajemen-kelas/(21 November 2011).


[1] Santri Daus, Pengelolaan Kelas, (Online), tersedia di:  http://santridaruz.blogspot.com/2008/05/pengelolaan-kelas.html (21 November 2011).
[2] Syaiful Bahri Djamarah,  Strategi Belajar-Mengajar, (Jakarta:PT, Rineka Cipta),  h.  206- 207.
[3] Meliana Kasim, Makalah Manajemen, (Online) tersedia di: http://meilanikasim.wordpress.com/2010/04/12/makalah-manajemen-kelas/(21 November 2011).

2 komentar:

  1. Mhn izin mengutif. Terima kash

    BalasHapus
  2. As claimed by Stanford Medical, It is indeed the ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh an average of 19 KG lighter than us.

    (And by the way, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING about "how" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to uncover if this little test can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus